Shio Naga / Liong adalah salah satu dari ke-12 shio yang ada    dalam penanggalan Tionghoa. Untuk tahun 2012 menurut     penanggalan  China dimulai dari 23 Januari 2012  sampai     dengan  9 Februari 2013 dengan unsur Air. Saya termasuk dalam Shio Naga yang lahir tanggal 7 Oktober 1976.                             

Keberuntungan dan refleksi Shio Naga di tahun 2012 yang saya kutip dari berbagai sumber.

Beberapa hal di luar prediksi akan ditemui para naga di tahun ini, termasuk masalah kesehatan. Ada kesempatan bagus bagi naga untuk berbisnis di tahun ini. Sangat disarankan bagi naga untuk tetap sabar dan tidak terburu-buru dalam menjalankan sesuatu. Emosi yang naik turun dengan cepat akan membawa masalah bagi naga.

Naga adalah salah satu shio terkuat dan sangat paling beruntung dalam Zodiak atau astrologi China. Shio Naga ini adalah shio yang suka memberi, cerdas, keras kepala dan yang tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana meraih keinginan mereka. Naga memiliki beberapa sifat alami, karisma yang menarik yang memastikan mereka pasti dapat meyakinkan atau mempengaruhi pasangan dan juga sering menemukan mereka dalam pusat perhatian di segala situasi sosial, termasuk juga diberkati. Naga biasanya dikenal sangat beruntung dalam cinta. Teman-teman Naga biasanaya terhasut apa yang dibicarakan si Naga baik dalam memberikan nasihat atau pendapat. Sang Naga pandai meraih perhatian.

Ego yang dapat memberikan jalan dan motivasi bagi para pengikutnya. Menurut Naga, wajar mereka dilahirkan sebagai pemimpin. Karena mereka beruntung, biasanya Naga memiliki kesempatan yang baik dalam meraih kekayaan dalam materi yang dapat membahagiakan kehidupan mereka, meskipun bukan berarti hanya uang yang menjadi motivasi. Kekuasaan adalah kunci utama Naga dan mencari cara dimana untuk mengkonsolidasikan kekuasaan yang cukup besar.

Shio Naga biasanya dikenal cukup beruntung, selamanya mencari jalan untuk mendapatkan kekuasaan. Naga memiliki kelemahan yaitu tidak mampu menerima kondisi kalah jika mereka berada dalam posisi dikalahkan.

Peran sebagai pemimpin adalah yang diinginkan bagi naga. Mereka juga pejuang yang baik, tahu apa yang dibutuhkan secara naluri untuk meraih tingkatan yang lebih tinggi. Bersaing dengan Naga bukanlah ide yang baik – raksasa ini dapat membakar dan menghanguskan. Pelajaran berharga untuk binatang ini adalah kemampuan untuk menyerap prinsip prinsip fleksibilitas, kasih sayang dan toleransi. Menjadi tinggi dan berkuasa dapat berfungsi untuk menginspirasi orang lain, tetapi juga menyimpan Naga dari menjalani kehidupan mereka sepenuhnya. Jika Naga dapat belajar untuk menyeimbangkan pencarian mereka untuk sukses dengan penghargaan terhadap hal-hal kecil, hidup mereka akan lebih dari berharga.

Warga Naga terkenal murah hati, penuh semangat hidup dan perkasa. Bagi Naga, hidup ini laksana panorama yang berwarna-warni dan ia harus selalu ambil bagian. Meskipun egois, nyentrik, fanatik, banyak tingkah, suka menuntut dan terkadang tak dapat ditolerir, ia tak pernah kekurangan pengagum. Sebagai pribadi yang angkuh, aristokratis dan tanpa tedeng aling-aling, Naga biasanya menyusun cita-citanya dalam usia muda dan menuntut standard tinggi serta kesempurnaan dari sesamanya, sama seperti yang disandangnya sendiri.

Naga benar-benar merupakan gudang energi sejati. Ketidaksabarannya, hasratnya yang menyala-nyala serta semangatnya yang hampir-hampir menyerupai kesaktian, dapat berkobar bagi lidah api yang sering dilukiskan sedang desemburkan dari mulutnya. Naga senang melaksanakan segala sesuatu dalam skala besar, dan seringkali ia berhasil mencapai tujuan yang diinginkannya. Apapun yang dilakukan Naga, baik atau buruk, tampaknya selalu akan menjadi berita utama. Namun, kecuali ia dapat belajar untuk tidak terjun terlalu dini, Naga bisa juga menguras habis semangat berapi-api yang ada padanya sampai akhirnya tinggal asap saja. Warga Naga juga termasuk mereka yang cepat menjadi fanatik terhadap sesuatu hal. Orang Cina menamakan Naga sebagai pelindung kekayaan dan kekuasaan, dan tentunya juga merupakan lambang kemakmuran. Namun, Naga juga merupakan tanda binatang yang paling mudah terkena “penyakit” megalomania, alias terlalu mengagungkan diri sendiri.

Naga juga cukup sering mengabdi kepada keluarganya. Apa pun bentuk perbedaan antara dirinya dengan orang tua atau kakak-adik, akan langsung terlupakan begitu mereka memerlukan bantuannya. Naga bisa segera mengesampingkan rasa dendamnya dan langsung menyelamatkan mereka tepat pada waktunya, tanpa mengharapkan imbalan jasa. Akan tetapi, keluarganya juga akan memperoleh kuliah yang panjang dan pedas begitu krisis berakhir. Naga jarang memoles kata-katanya. Dikemukakan pandangannya bagai membacakan Maklumat Kekaisaran. Meski ia bisa membual tentang kebebasan berbicara dan demokrasi, jangan pernah memandang serius, sebab ia sendiri menganggap dirinya di atas hukum dan tak selalu mempraktekkan apa yang dikuliahkannya.

Walaupun emosinya sering terlihat meletup-letup, Naga tidak dapat dikatakan sentimental, sensitif atau pun romantis. Segala bentuk cinta-kasih dan puja-puji yang dilontarkan ke hadapannya dianggapnya sudah sewarjarnya: semua itu sudah menjadi haknya. Namun meski ia terkenal keras-kepala, kurang rasional dan tak dapat ditolerir bila sedang jengkel, Naga bisa langsung memaafkan Anda begitu ledakan amarahnya lenyap. Dan karena kita juga harus saling memaafkan, Naga juga mengharapkan pengampunan Anda bagi kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya. Tak dapat dipungkiri, Naga sendiri kadang-kadang lalai meminta maaf. Namun, ini terjadi bukan karena ia tebal muka atau tak punya perasaan, tapi hanya karena Naga tak punya waktu buat menjelaskan dirinya sendiri atau pun memang tak mau diganggu oleh rasa dendam dan hal-hal yang remeh; ia hanya ingin melanjutkan pekerjaannya.

Bagi orang berhio Naga, memiliki maksud tertentu atau misi khusus dalam hidup adalah vital. Tak sehat baginya buat bergoleran saja tanpa berbuat apa-apa. Ia harus selalu punya motif buat diperjuangkan; punya tujuan buat dicapai; punya prinsip buat dipertahankan dan dibela. Jika tidak, bagaimana Anda bisa mengharapkan supaya api di dalam hatinya selalu membara?

Orang bershio Naga biasanya super positif. Tak ada yang dapat menahannya lama-lama, bahkan sekalipun ia dihadapkan pada persoalan yang menjemukan, semangat hidupnya selalu lebih cepat membangkit kembali dibandingkan orang lain.

Terlebih lagi, Naga itu pribadi yang amat terbuka. Anda dapat membacakanya seperti buku. Sulit baginya berpura-pura memperlihatkan emosi yang saat itu tak dirasakannya. Dan memang hampir tak pernah ia mencoba berbuat demikian. Ia juga tak suka menyimpan rahasia, bahkan tidak jarang ia secara tidak sadar membongkar rahasia yang telah dipercayainya oleh orang lain!

Untungnya, perasaan Naga selalu datang dari lubuk hatinya. Bila ia menyatakan mencintai Anda, maka Anda boleh merasa yakin bahwa pernyataannya itu tulus